organisasi dan metode
Organisasi & Metode
Istilah organisasi berasal dari kata
organon/bahasa yunani. Yang berarti alat, tools. Desain organisasi
(organizational design) merupakan proses memilih dan mengimplementasikan
struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Organisasi Menurut Prof. Dr. Sondang Siagian
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk suatu tujuan bersama dan terikat secara formal.
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Organisasi Menurut Prof. Dr. Sondang Siagian
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk suatu tujuan bersama dan terikat secara formal.
Arti Pentingnya Organisasi dan Metode
Pengertian Organisasi dan Metode
Sebelum menginjak pada materi
membahasan organsisasi, berikuti diuraikan terlebih dahulu pengertian
organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara
sekilas arti dari kata organisasi dan metode.
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai berikut:
· Wadah : Sekelompok manusia untuk
saling bekerja sama.
· Proses : Pengelompokan manusia dalam
suatu kerja sama yang efisien.
Sedangkan istilah metode tersebut
berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien. Pengertian Organisasi dan Metode secara
lengkap adalah Rangkaian proses kegiatan
yang harus dilakukanuntuk menibgkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang
menentukan bagi berhasilnya proses Manajemen terutama dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa
maksud yaitu :
Organisasi dan metode merupakan
kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
Organisasi dan metode penting bagi
kegiatan manajemen
Organisasi dan metode dapat
memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
Organisasi dan metode berguna dalam
meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Organisasi adalalah sekumpulan orang
yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai manajemen.dan
setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari 4 hal ini di antaranya
adalah:P,O,A,C. Yaitu:
PLANING adalah perencanaan
Organization adalah pengorganisasi
Actuniety adalah penepatan sesuai prosedur
Controling adalah pengawasan
Jadi sepintar apapun orang dengan
beragam title dan sarjana jika ia membuat organisasi maka ia tak akan terlepas
oleh 4 hal ini,karena ini selalu mencakupi untuk berjalannya roda organisasi
itu sendiri.dan begitu banyak sekali macam-macam definisi organisasi itu
sendiri dan saya hanya menjelaskan define umum organisi dari orang yang termuka
diantaranya adalah:
Definisi organisasi:
Menurut chester I bernand(suatu
system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2 orang,sesuatu sifat yang
tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan sebagian besar mengenai
hubungan)
Menurut JOHN M.GOUS(tata hubungan
antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama
dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas tugasnya)
Menurut JOMES D.MOONEY( bentuk
kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama)
Dan organisasi itu juga mempunyai
pandangan diantaranya adalahsebagai pandangan wadah”tempat kegiatan
dilaksanakan,dan juga sebagai proses”yaitu hubungan formil dan informal,dan
sebagai system.
Organisasi sebagi wadah jadi wadah
sebagai tempat pelaksanaan organisasi tersebut
Orgabisasi sebagai proses adalah
memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan
proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi
pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal
mempunyai 3 peranan yaitu:
1. untuk saran komunikasi
2. untuk engatur kerjasama
3. untuk memelihara kebebasan dalam
bertindak
· Organisasise bagai system sosial suatu
system antar hubungan sesame manusia
· Sebagai system fungsional => antar
fungsi fungsi yang dikaitkan secra tertentu & integral untuk mencapai
tujuan organisasi
· Komunikasi yakni tata salura antar
arus informasi dalam organisasi
Bagaimana sebuah organisasi bisa
dikatakan baik? Organisasi yang baik bisa di katakan organisasi yang
terorganisir, organisasi yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas,
organisasi yang mempunyai perencanaan yang matang,organisasi yang mempunyai
kreatifitas dan inofatif dalam membuat perencanaan,organisasi yang bisa
berkembang sesuai dengan tujuan dan visi misi yang sudah menjadi kesepakatan.
Sekarang ini banyak organisasi yang gagal. Ini karena hal-hal diatas tidak
terpenuhi.
Kerjasamamerupakan salah satu kunci
keberhasilan. Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah organisasi bisa
berjalan dengan lancar dan baik,di samping itu juga perlu adanya komunikasi
yang baik pula. Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang baik,sebuah organisasi
tidak akan bisa bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak terpenuhi maka organisasi
tidak akan berjalan dengan baik.
Bentuk Organisasi Niaga
Dalam pembahasan ini saya
akanmembahas bentuk organisasi Niaga yaitu Perseroan Terbatas (PT), Perseroan
Terbatas (PT), adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki
modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham
yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat
diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu
membubarkan perusahaan. PT dipimpin oleh direksi, Sedangkan pegawainya
berstatus sebagai pegawai swasta
Perseroan terbatas merupakan badan
usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan
perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki
harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang
menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang
terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi
kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab
para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan
tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan
memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada
besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.
Selain berasal dari saham, modal PT
dapat pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik
obligasi adalah mereka mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau
ruginya perseroan terbatas tersebut.
Untuk mendirikan PT, harus dengan
menggunakan akta resmi ( akta yang dibuat oleh notaris ) yang di dalamnya
dicantumkan nama lain dari perseroan terbatas, modal, bidang usaha, alamat
perusahaan, dan lain-lain. Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak
Asasi Manusia Republik Indonesia (dahulu Menteri Kehakiman). Untuk mendapat
izin dari menteri kehakiman, tentunya juga harus memenuhi syarat-syarat
· Visi : Untuk menjadi yang terdepan
dalam memenuhi kepuasan Mitra Usaha / Klien.
· Misi : Memberikan pelayanan terbaik
kepada Mitra Usaha dengan sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan Sumber
Daya Manusia kami sebagai tenaga terlatih yang profesional sehingga mampu untuk
bersaing didunia internasional.
Struktur Organisasi
Dengan melakukan pemilihan serta
penentuan struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi
dalam perusahaan maka pencapian tujuan perusahan akan lebih terarah. Selain itu
denga struktur organisasi yang jelas dan baik maka akan dapat diketahui sampai
dimana wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang dalam
menjalankan tugasnya. Dalam menjalankan aktivitas usahanya, PT menerapkan
struktur organisasi fungsional dimana organisasi menurut fungsi menyatukan
semua orang yang terlibat dalam satu aktivitas yang disebut fungsi dalam satu
group.
Bentuk Fungsional
Ciri–ciri: Bawahan mendapat perintah
dari beberapa pejabat yang masing-masing menguasai suatu bidang keahlian
tertentu dan bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya. Pada bentuk ini
pimpinan mempercayakan sepenuhnya kepada para ahli dalam bidang masing-masing.
Kebaikan :
Bidang pekerjaan khusus diduduki
oleh seorang ahli yang memungkinkan bekerja atas dasar keahlian dan kecintaan
akan tugasnya.
Tanggung jawab atas fungsinya
terjamin.
Keburukan :
Koordiansi sulit dilaksanakan
Dapat menimbulkan dispersonalisasi
Keahlian memimpin kurang dapat
dijamin
Atas kesatuan komando sulit
dilaksanakan
Adanya Strukrur Organisai pada
perusahaan merupakan manifestasi dan cerminan dari kekuatan manajemen SDM
perusahaan dalam mencapai Visi dam Misi bisnis perusahaan. Struktur organisasi perusahaan yang tepat,
efektif, dan efisien akan memberikan jaminan kinerja perusahaan yang tinggi,
demikian pula sebaliknya. Jika desain struktur organisasi tidak optimal, akan
mengakibatkan efek yang berkepanjangan terhadap lemahnya kinerja organisasi
perusahaan, meskipun sekarang setiap organisasi sudah maju tetap saja
perusahaan harus memiliki struktur organisasi. Agar organisasi dapat
terkontrol.
Manajemen dan Organisasi
Manajemen adalah proses kegiatan
pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Rumusan tersebut mengandung
pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan
kerjasama disatu pihak dengan tujuan
di pihak lain.
Komentar
Posting Komentar