Analisis UKM




Profil Perusahaan

Nama Pemilik: 

DALIMO

Bentuk Perusahaan: 

Perorangan

Alamat: 

Jl.Cikuya wetan Rt. 03 Rw. 05 Desa/Kel.Cikuya  Kec. Cicalengka

Kabupaten: 

Bandung barat

Nomor Komunikasi: 

022-624473

Email /Website: 

-

Nomor Referensi: 

2009016

Usaha Utama: 
Manufaktur

Produk Utama: 

Tahu

Jumlah Tenaga Kerja: 

19 orang

Daerah Pemasaran: 

Lokal

Target Pasar utama: 

Atas 
Menengah 
Bawah

Omzet Penjualan per tahun: 

Rp. 1.080.000.000,00

Total Aset diluar Tanah dan Bangunan: 

Rp. 23.250.000,00

Gross Profit Margin: 

10,00% per tahun

Kebutuhan Kredit versi Responden: 

Rp. 50.000.000,00

Taksiran Nilai Aset: 

Rp. 1.000.000.000,00

Analisis kebutuhan kredit modal kerja: 

Rp. 26.399.000,00

Kepemilikan SIUP-TDP: 

SIUP dan TDP

  
Awal mula 
 Pada tahun 2003 pak dalimo mulai membuka usaha sendiri setelah ia pensiun sebagai pegawai di sebuah perusahaan . Dia membuka usaha tahu bandung dengan uang pesangon  yang ia terima dikarenakan banyak peminatnya. Kini, usaha tahu yang dirintisnya telah berkembang selain membuka peluang usaha dirumahnya ia juga mempunyai cabang di Sukabumi dan daerah Bekasi lebih tepatnya di kawasan perumahan alinda bekasi utara . Ia mampu menghidupi keluarga berserta 19 orang karyawannya . Setiap jam 8 pagi prusahaan UKM ini mulai dibuka dan mengerjakan aktivitas produksi dengan skala menengah karena awal target pemasaran hanya di tuju pada kawasan sekitar parbik dan beberapa pesanan dari kota tetangga. kerja kerasnya tidak sia-sia setelah .Di tahun 2007, perusahaan ini pernah mencapai omzet 1 milyar/tahun dan pada tahun selanjutnya bisnis ia bangun bersama anak pertamanya terus tumbuh dan kini sanggup melayani permintaan pasar di wilayah jakarta timur.kedepan rencana pak Dalimo akan membangun sebuah restoran tahu di wilayah Bandung dan ingin agar produknya dapat di kenal luas oleh masyarakat indonesia dan dunia.



      Waktu operasional 
 tempat makan ini direncanakan mulai pukul 8.00 hingga pukul 20.00. Waktu dapat berubah-ubah dan disesuaikan banyaknya pesanan dengan kondisi lingkungan sekitar.
         
      Anggaran Dana

 Rencana anggaran dana yang akan digunakan sekitar Rp. 26.000 000,-. dengan total nilai aset Rp. 1.000.000.000.

            Bentuk Usaha

 Bentuk usaha yang ditekuni oleh pak Dalimo ini tergolong usaha menengah, antara lain jenis barang (dalam hal ini makanan) umumnya sudah tetap (tidak berubah-ubah), total nilai aset yang mencapai 1 milyar lebih, dan lokasi/tempat usaha sudah menetap (tidak berpindah-pindah). Selain itu, usaha ini sudah memenuhi persyaratan legalitas seperti surat izin, surat izin tempat  usaha (SITU) dan NPWP demi menjaga kelancaran usaha . apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang menyangkuut legalitas usaha, tidak membuat terganggunya operasional. Sedangkan sumber daya manusa (pengusaha) diperoleh berdasarkan pengalaman sang kakek dalam berwirausaha, bukan sember daya terlatih secara khusus. 



FLOWCHART





DFD


 



Kelemahan Pada system penjualan ini :


Dalam pembayaran pembeli mendatangi langsung pabrik pembuatan dan pegawai masih menghitung dengan cara lama yakni dengan alat kalkulator dan pencatatan transaksi menggunakan nota bukan struk harga pesanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upacara Adat Istiadat dan Pernikahan Masyarakat Minahasa

Karakteristik Pengembangan Organisasi

Siklus Perputaran Uang di Indonesia