Tugas Softskill

     1.  Apakah saat ini tujuan NKRI sudah terwujud ? Berikan tanggapan !

Menurut pandangan saya belum, karena masih banyak konflik sosial dengan berbabai macam motif SARA yang selalu mengedepankan kepentingan kelompok mayoritas dan banyak terjasi penindasan terhadap kaum minoritas. Kasus lainnya dalah banyaknya pelanggaran HAM, dan ketidakadilan dalam proses hukum, sehingga muncul istilah “Hukum runcing ke bawah namun tumpul  ke atas”. Hal ini tentu tidak sesuai dengan dasar negara Indonseia yakni Pancasila. Pada sila ke dua tertulis “ Kemanusiaan yang adil dan beradab”  sila ke tiga “persatuan Indonesia” dan sila ke lima “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Dari kutipan pancasila tersebut dan jika dibandingkan dengan keadan yang ada saat ini, tentu kita dapat menilai bahwa NKRI belum terwujud.

2 2.    Apakah wajib militer perlu diadakan di Indonesia ? Alasan !

Untuk saat ini tidak perlu, alasannya Indonesia tidak atau belum memiliki ancaman perang. Tidak seperti Korea Utara dan Korea Selatan, dimana kedia negara tersebut hingga saat ini masih berselisih sehingga mewajibkan para pemudanya untuk mengikuti wajib militer sebagai bentuk bela negara. Namun jika suatu saat Indonesia berada diosisi genting, peraturan ini perlu dilakukan demi mempertahankan NKRI.

   3. Wujud cinta tanah air yang akan dilakuan jika berada di luar negeri , serta bagaimana cara untuk       memperkenalkan Indonesia ?
                 Wujud  cinta tanah air yang dapat dilakukan jika berada di luar negeri  salah satunya dengan  berkelakuan baik , karena Indonesia dikenal dunia melalui sifat masyarakatnya yang ramah. Dengan berkelakuan baik maka kita turut menjaga image tersebut dan semakin membuat nama Indonesia dikenal karena keramah tamahannya.
Ada berbagai macam cara untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia, seperti melalui  pariwisata, makanan, dan budaya. Dari segi pariwisata sebenarnya masyarakat dunia sudah menggetahui beberapa lokasi wisata yang popu;er seperti  Bali, Lombok, danau Toba, gunung Bromo, Raja ampat dan lain lain. Namun ada baiknya jika kita bisa memperkenalkan spot atau nlokasi wisata lain yang tidak kalah bagusnya dengan yang sudah disebutkasn di atas.
                Selain dari segi pariwisata, Indonesia juga memiliki kuliner yang lezat seperti  Rendang yang memilikin status sebagai makanan terenak di dunia, sate yang merupakan makanan favorit mantan presiden Amerika Barrack Obama dan olahan kedelai khas Indosenia yaitu tahu dan tempe.

Indonesia mendapat peringkat nomor  satu  sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya, hal ini juga dapat menjadi potensi  agar Indonesia dapat lebih dikenal dunia kerena masing masing budaya memiliki ciri khas baik dalam berpakaian, rumah adat, prosesi pernikahan, prosesi pemakaman, maupun karya seni nyang dihasilkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upacara Adat Istiadat dan Pernikahan Masyarakat Minahasa

Karakteristik Pengembangan Organisasi

Siklus Perputaran Uang di Indonesia