FUN VII mobil masa depan Toyota

Fun-Vii, prototipe mobil masa depan Toyota



Toyota FUN-Vii yang kini diparkir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), 2013 di Jakarta.

Fun-Vii merupakan kendaraan futuristik yang dirancang berbasis internet dan mengedepankan interkoneksi serta pengalaman berkendara yang canggih.

Mari kita simak fitur luar mobil yang diharapkan akan rilis secara resmi pada 2020 mendatang.

Fitur eksterior

Dari segi dimensi Fun Vii memiliki panjang 4,020 meter, lebar 1,74 meter, tinggi, 1,4 meter, dan wheelbase 2,75 meter.

Mobil berkapasitas tiga penumpang ini menjalankan integrasi dengan ponsel pintar secara seamless. Ponsel yang ada di tangan pengguna bisa difungsikan untuk mengubah warna bodi luar Fun-Vii. Canggihnya, tampilan grafis dan berwarna-warni cukup dilakukan dengan dengan cara mirip men-swap konten. Dilakukan dengan nirkabel. 

Selanjutnya, tidak sembarangan orang bisa menggunakan mobil ini. Pasalnya akses masuk Fun-Vii menggunakan otentifikasi biometrik yakni deteksi wajah, sensor gerak atau otentifikasi lain yang merupakan karakter khas pemilik kendaraan. 

Hebatnya lagi, pada saat yang sama, sistem keamanan mobil juga akan mendeteksi infiltrasi perangkat lunak berbahaya (malware) atau otentifikasi yang tidak sah.

Dari sisi bahan bakar, Fun-Vii sudah tidak menggunakan bahan bakar konvensional. Mobil ini didayai oleh listrik yang dilakukan secara sistem pengisian nirkabel.

Pengemudi Fun-Vii dipastikan tidak akan ketinggalan interaksi dengan teman atau saudaranya. Sebab bodi luar dapat menampilkan update status sosial dari kolega. Jadi tentu tak akan ketinggalan informasi teman. Fitur ini dinakaman Toyota Friend.

Fitur interior

Bagian dalam Fun-Vii juga menjamin kenyamanan pengendara. Desain digital bisa diubah sesuai keingianan dan suasana. Misalnya dalam menyesuaiakan dengan aliran musik yang dimainkan.

Pada bagian ini juga ditampilkan panel informasi canggihn Multi-Information Display (MID). Panel tiga dimensi menampilkan informasi cuaca, email, kondisi pengendara apakah mengantuk atau tidak.

"Jika pengemudi tidak fit, akan muncul peringatan," jelas Dadi Hendriadi selaku GM Technical Service Toyota Astra Motor di booth Toyota, Senin 23 September 2013.

Bagi pengguna yang gila game, tentu akan suka dengan tantangan adrenalin ini. Bagian dalam Fun-Vii bisa menampilkan sirkuit layaknya balapan, dengan teknologi virtual reality

Fitur sistem navigasi Augmented Reality juga menambah pengalaman berkendara pengguna. Fitur ini menampilkan informasi navigasi, peta real time sekitar mobil. 

"Sistem navigasi juga bisa diperbaharui dan selalu upgrade dengan sistem operasi yang ada," kata dia.

Fun Vii juga bisa 'berbicara' dengan jalanan yang dilalui. Tapi syaratnya jalanan yang infrastrukturnya telah mendukung, misalnya jalan yang sudah dipasang sensor,  mampu mendeteksi ruang depan belakang mobil dan mendeteksi jika pengeraman sudah semakin sempit. "Dengan demikian Fun Vii bisa dijalankan secara autopilot," kata Dadi.

Berbagai fitur yang dimiliki oleh FUN-Vii dapat dilihat dalam video berikut :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upacara Adat Istiadat dan Pernikahan Masyarakat Minahasa

Karakteristik Pengembangan Organisasi

Siklus Perputaran Uang di Indonesia