perstasi sir alex ferguson

Tiga belas juara liga Inggris dari dua puluh enam tahun menukangi salah satu tim besar di dunia Manchester United, sudah cukup bagi Sir Alex Ferguson (SAF). SAF yang merupakan pelatih tersukses di Liga Inggris, seiring dengan jatuhnya Liverpool.
SAF dengan segala kontroversinya seiring penjualan David Beckham ke Real Madrid, penjualan itu akibat kurang harmonisnya hubungan guru dengan muridnya akibat sepatu melayang dan kekalahan Man. United pada saat itu. Dengan kontroversinya SAF pun memiliki prestasi yang mentereng, meskipun tidak ada satupun gelar Piala Dunia yang dipegangnya. Tetapi SAF membawa MU melewati total jumlah Piala Liga Inggris milik Liverpool dengan total 20 Piala Liga, SAF pun membawa MU menjuarai 2 piala Champion dan salah satunya treble winner pada musim 1998/1999. Setelah pada tahun 1997/1998 MU gagal disetiap kompetisi.
SAF juga memiliki Dream Team, Class 92 dimana pada saat musim 1998/1999 class 92 menjadi elemen penting membawa MU menjuarai tiga kompetisi, meskipun bukan dream team pertama pada saat AC Milan pada tahun 90an, tetapi cara MU pun ditiru club catalan Barcelona.
Keputusan ini dipilih SAF untuk meninggalkan MU disaat kesuksesan MU meraih gelar ke 20 Liga Inggris. SAF mungkin sudah terlalu tua, tetapi SAF merupakan salah satu manajer terbaik sepanjang masa meskipun tidak pernah memegang Piala Eropa maupun Piala Dunia. Pertanyaannya sekarang, siapa manajer yang pantas menggantikan SAF dan membawa kesuksesan lebih jauh dibandingkan SAF ? Kita tunggu musim depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upacara Adat Istiadat dan Pernikahan Masyarakat Minahasa

Karakteristik Pengembangan Organisasi

Siklus Perputaran Uang di Indonesia